Harga Sembako Di Kab. Merangin Masih Stabil

Harga Sembako Di Kab. Merangin Masih Stabil

Bangko- Menjelang masuknya bulan suci Ramdhan 1437 H tinggal menghitung hari. harga beberapa kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Merangin masih stabil, alias belum menunjukkan tanda kenaikkan. 

Berdasarkan data yang diperoleh harian dipasar Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Merangin, harga sejumlah barang pokok sejauh ini terpantau belum menunjukkan kenaikkan dari hari-hari sebelumnya. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperindag Sardaini, melalui Kabid Perdagangan Zasrial, SH saat ditemui kemarin.

Dikatakan Pak Zasrial, SH harga beberapa bahan pokok dipasaran, diantaranya seperti beras IR 42 Solok masih stabil diharga Rp. 14.000 perkilogramnya, demikian juga dengan beras Raja Lele Rp. 11.000/kg, beras Hellokitty Rp. 12.000/kg.

"Sementara beras non merk kerinci dan lampung juga masih bertahan diharga Rp. 11.000/kg,beras merk anggur masih diharga Rp. 13500/kg, beras King Rp. 12.000/kg Belida Rp. 11.000/kg, Padi Burung Rp. 9500/kg, Sepat Siam Rp. 12500/kg, Beras Putri Palembang Rp. 11.000/kg, dan beras setara dengan bulog seperti Arjuna Rp. 9500/kg papar Pak Zasrial, SH, Hal yang sama juga terpantau pada kebutuhan pokok lainnya, meski ada perbedaan harga setiap took, namun ia mengatakan tidak terlalu signifikan.

Gula Pasir masih berkisar Rp. 16.000/kg, Minyak Goreng merk Bimoli Rp. 68.000/5kg, minyak tanpa merk Rp. 13.000, sementara kenaikkan terjadi di ayam broiller sebelum Rp. 25.000/kg/menajadi Rp. 32000/kg sedangkan harga daging sapi murni masih bertahan diharga Rp. 130.000/kg ayam kampung masih dijual Rp. 50.000/kg Beberapa kebutuhan pokok lainnya harga dipasaran masih stabil seperti telur, tepung, cabe merah kriting dan rawit.

telur ayam ras justru mengalami penurunan dari harga Rp. 2000/butir sekarang menjadi Rp. 1500/butir. harga bawang putih juga turun dari Rp.35.000/kg menjadi Rp. 30.000/kg untuk bawang merah masih tetap diharga Rp. 35.000/kg

Tidak ada kenaikkan harga pokok yang signifikan sebab saat ini permintaan pasar belum mengalami kenaikkan "Untuk saat ini harga kebutuhan pokok masih stabil belum mengalami kenaikkan, ungkap Zasrial, SH.

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, kemungkinan harga sembako akan naik apabila sudah memasuki bulan suci Ramadhan atau dua hari menjelang bulan puasa sebab katanya pada fase itu, permintaan konsumen cenderung meningkat.

meski berharap kondisi ini bertahan hingga memasuki bulan Ramadhan akan datang namun pak Zasrial, SH mengatakan, pihaknya juga tetap menyiapkan langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kenaikkan harga bahan pokok jelang bulan puasa nanti.

ia menambahkan, menjelang adanya kenaikkan harga sembako Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan melakukan peninjauan dan pantauan ke pasar tradisional dibulan puasa dan menjelang lebaran nanti.

Agenda itu akan direncankan pada tanggal 3 Juni 2016 untuk meelakukan peninjauan dan pemantauan kepasar utama di Kabupaten Merangin. 


Download Android
Layanan SMS Harga Komoditas